CARA MENETASKAN TELUR LALAT TENTARA HITAM MEDIA BEKATUL



Setelah kita mendapatkan telur lalat  tentara hitam tahap selanjutnnya adalah persiapan penetasan.Karena kita memakai kardus maka akan susah menimbang berat telur lalat tentara  hitam.

"Kenapa harus di timbang ?

Ini di karenakan sebagai acuan kita gunakan untuk pemberian pakan Maggot.Sebenarnya kita bisa pakai Feling untuk memberikan pakan namun takutnya kalau pemula asal ngasih pakan bukan tambah besar bisa bisa pakan menumpuk karena tidak di daur ulang oleh Maggot membuat media  berbau tak sedap menyengat  dan hasil maggot yang kurang maksimal.


Oke..kita akan bahas hal teknisnya di bawah 

A.Bahan dan alat yang di perlukan untuk menetaskan telur lalat tentara hitam :

1.Ember



2.Air



3.bekatul




4.bambu 


5.Potongan kardus yang sudah berisi telur lalat tentara hitam



B.Cara pengaplikasian



1.Masukan bekatul ke dalam ember /baskom secukupnya kira kira dengan tinggi 4 cm.

2.Campur air dan bekatul sampai merata tapi jangan becek tapi remah

3.Kasih bekatul di pingir ember atau baskom fungsinya untuk mencegah baby maggot kabur dari media penetasan.

4.Potong bambu sesuai diameter baskom atau ember tapi lebihkan sedikit dan kecilkan sesuai kebutuhan dan tarus di atas baskom atau ember.

5.Letakan potongan kardus di atas bambu agar setelah menetas baby maggot langsung jatuh ke media.

Selain itu ada beberapa  tambahan yang akan saya berikan yaitu setelah semua tahapan selesai ,simpan media penetasan di tempat yang tidak bisa di jangkau tikus karena mereka akan mengobrak abrik media penetasan.Kemarin pernah mengalaminya, saat itu saya taruh di dalam kandang ayam tahu tahunya besok pagi pas saya lihat sudah berceceran media penetasan.

Trus yang kedua semut, hewan ini juga akan menggangu  media penetasan .Untuk mengatasinya buatkan rak meja dan kaki meja  kasih mangkuk yang berisi air.

Biasanya Telur ada dua warna yaitu kuning dan putih di mana bila kuning akan cepat menetas dari pada warna putih.Selain itu telur akan menetas pada usia 3 -5 hari dari lalat tentara hitam bertelur tapi apabila lebih dari 5 hari kemungkinan telur tidak menetas.Segera buang telur yang tidak menetas dan bersihkan potongan kardus untuk di gunakan kembali. satu lagi yang hampir lupa jangan sampai biarakan kardus terkena air atau basah karena itu akan membuat telur tidak menetas.
sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan salam sukses PETERNAK INDONESIA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMANEN MAGGOT YANG SUDAH NYAMAN DI DALAM MEDIA PEMBESARAN

Pemula Wajib tahu media pembesan maggot sistem kering yang efektif