CARA MENDAPATKAN TELUR LALAT TENTARA HITAM (BLACK SOLDIER FLY) YANG MUDAH DAN MURAH




Banyak peternak yang mengeluh akan harga pakan  ayam dan ikan yang semakin melambung.Namun  tidak di ikuti dengan kenaikan harga ternak sehingga menyebabkan untung yang menipis bahkan merugi.Dan kalau di biarkan terus menerus  bisa bisa yang anda alami yaitu kebangkrutan atau gulung tikar suatu momok yang menakutkan bagi para peternak.Tapi bukan berarti tidak ada solusi untuk masalah ini,kita bisa gunakan yaitu pakan alternatif.Salah satu pakan alternatif yang bisa kita gunakan yaitu Maggot larva dari lalat tentara hitam atau bahasa  inggris adalah black soldier fly.Maggot ini mengandung protein yang tinggi yang sangat di butuhkan untuk memenuhi gizi dari ternak kita.
Mungkin timbul pertanyaan,lalu dari mana awal kita berbudidaya Maggot?
Nah untuk hal pertama yang bisa kita lakukan dalam berbudidaya maggot adalah dengan mempunyai telur lalat tentara hitam atau langsung dari pupa. Kalau dari pupa maka akan langsung menetas jadi lalat tentara hitam, bertelur dan menghasilkan maggot tapi kalau dari telur maka akan langsung jadi maggot pupa dan lalat tentara hitam.Keduanya sama sama bisa kita gunakan untuk berbudidaya, namun saya sarankan untuk memulai dari beternak telur.

Dari mana kita bisa mendapatkan telur lalat tentara hitam?
Ada 2 cara yang bisa kita gunakan yaitu :

1.Beli dari peternak langsung

Cara ini yang paling cepat dan mudah untuk mendapatkan telur lalat tentara hitam bila tidak mau bersusah payah atau ribet.Kita bisa membeli langsung dari peternak langsung bisa lewat online ataupun lewat ofline.

2.Mendapatkan telor lalat bsf dari alam

Ini adalah salah satu cara yang mudah dan murah selain itu tidak perlu keluar uang karena kita memanfaatkan limbah dapur.Yang pastinya cara yang kita gunakan tidak ribet dan rumit.
Nah fokus yang saya akan bahas merujuk pada cara yang ke 2 yang menurut saya cara yang paling enak dan paling mudah.
oke..langsung saja kita bahas

Bahan bahan yang kita perlu persiapkan

1.Toples atau ember




toples atau ember ini berfungsi sebagai wadah tempat menaruh atraktan atau media pemancing.

2.Potongan kardus




Potongan kardus ini berfungsi sebagai tempat lalat tentara hitam menaruh telur pada rongga rongga  kardus.Sebenarnya bisa pakai kayu yang halus berbentuk balok di tumpuk menjadi beberapa bagian dan setiap celahnya si kasih paku payung agar ada sesikit lubang untuk meletakan telur.Tapi saya sarankan pakai kardus karena mudah di dapat murah dan gratis.

3.Limbah dapur


Limbah dapur disini bisa kita gunakan nasi basi, bekas sayur ,buah yang sudah tidak layak konsumsi.Tapi alangkah baiknya kalau ada pakai buah Nangka,nanas atau duren karena apa?
karena buah tersebut menghasilkan aroma yang sangat kuat dan palling di sukai oleh lalat tentara hitam.Sehingga mempercepat proses kita dalam mendapat telur.

Cara pengaplikasianya



1.Masukan media pemancing seperti limbah dapur yang sudah saya sebutkan di atas ke dalam toples atau ember.

2.Kasih jaring diatas toples tersebut bertujuan untuk mencegah lalat hijau dan lalat biasa masuk.

3.Taruh potongan kardus tersebut di atas jaring karena nanti lalat tentara hitam akan bertelur di situ

4.kasih tutup atau pelindung pada toples atau pun ember jika tempat memancing di tempat terbuka,antisipasi jika musim penghujan
Setelah semua selesai kita tinggal menaruh media pemancingan.



Tempat tempat  yang bagus untuk menaruh media pemancingan  :

1.Dekat dengan kandang ayam



2.Sekitaran tempat sampah





3.Di kebun




4.Di sekitar Rumah





oke....itu tadi semua urutan urutan cara mendapatkan telur lalat tentara hitam dengan mudah dan tanpa ribet.Catatan biasanya dalam mendapatkan telur lalat bsf, cepat atau lambatnya dan banyak atau sedikitnya telur tergantung tempat kita menaruh media pemancingan.Tapi saya lebih saran kan tempat pemancingan di kandang atau tempat sampah karena biasanya di situlah paling banyak di jumpai.
Cukup sekian artikel yang saya buat kali ini dan saya akan sambung kembali cara cara selanjutnya .Semoga artikel ini bermanfaat bisa jadi referensi dan maju terus PETERNAK INDONESIA dan salam sukses .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENETASKAN TELUR LALAT TENTARA HITAM MEDIA BEKATUL

CARA MEMANEN MAGGOT YANG SUDAH NYAMAN DI DALAM MEDIA PEMBESARAN

Pemula Wajib tahu media pembesan maggot sistem kering yang efektif